Artikel | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Artikel


Kapan Waktu yang Tepat untuk Membaca Buku?

Kategori: Artikel

Sesaat setelah membaca judul di atas, mungkin Anda akan berkerut dahi dan berkata dalam hati, “Waktu yang tepat untuk membaca buku? Tentu saja malam dan pagi sebelum pergi ke kantor, lah. Kapan lagi?” selengkapnya...»


Tantangan Era Digital Bagi Penulis dan Penerbit Buku

Kategori: Artikel, Penulis

Era perkembangan teknologi informasi saat ini, ketika akses internet sudah sedemikian luasnya, telah memungkinkan semua orang bisa mencari informasi dalam hal apa pun. Begitu juga perkembangan media pendukungnya, seperti gadget dengan berbagai aplikasinya yang semakin lengkap dan harga yang semakin terjangkau, juga membawa perubahan tersendiri dalam pola masyarakat untuk mendapatkan informasi. Ya, semua orang kini dimungkinkan untuk bisa terhubung dengan cepat sekaligus mendapatkan ruang terbuka untuk berekspresi dan berbagi informasi. Era ini tentu membawa perubahan pula dalam dunia penulisan dan penerbitan buku di Indonesia serta pergerakan pola pembacanya. selengkapnya...»


Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

Kategori: Artikel, Umum

Sebenarnya tidaklah sulit menumbuhkan minat baca anak. Anda tidak harus memberikan bacaan yang berat-berat kepada anak. Yang terpenting adalah memilihkan buku yang sesuai dengan penerimaan usianya. Setelah itu, jika minat baca sudah tumbuh, anak akan dengan sendirinya mencari buku-buku yang diminatinya. selengkapnya...»


Waktu Membaca yang Baik

Kategori: Artikel, Umum

Waktu Membaca yang Baik

Tidak semua waktu dapat kita gunakan untuk membaca. Kita butuh waktu yang tepat untuk membaca. selengkapnya...»


Empat Alasan Membaca Buku-Buku Rohani

Kategori: Artikel, Kepemimpinan, Pendalaman Alkitab

Mengapa orang Kristen harus membaca buku? Apa manfaat dari membaca buku? Banyak orang tidak tahu dampak besar dari kegiatan membaca buku dan betapa menakjubkan hasil-hasil yang bisa kita dapatkan dari membaca buku. selengkapnya...»


Tantangan Membaca di Era Digital, Mana Lebih Unggul?

Kategori: Artikel, Umum

Di era digital seperti sekarang ini, informasi datang berkelebatan. Membaca pada layar gawai kini telah menjadi gaya hidup, dan makin lama makin menggantikan aktivitas membaca secara konvensional. Tak heran jika kini banyak kantor media cetak yang tutup karena oplahnya menurun dari tahun ke tahun. Namun tahukah Anda, ada perbedaan yang terjadi pada otak saat membaca secara digital dan konvensional? selengkapnya...»


Membaca Itu Modal Penulis

Kategori: Artikel

Membaca adalah aktivitas indera penglihatan manusia untuk menangkap objek atau kejadian yang ada di sekitar lingkungannya. Seorang penulis jika menginginkan tulisannya berbobot dan berisi gagasan segar, penulis tersebut harus banyak membaca. Membaca merupakan sumber ilmu pengetahuan. Dengan membaca, manusia akan banyak pengalaman dan menemukan banyak pemikiran. Dalam hal ini, membaca adalah upaya untuk menangkap segala macam objek atau pesan-pesan yang akan menambah khazanah pemikiran yang diperoleh dari sang penulis. Jika yang dibaca itu bentuk naskah tulisan, kita akan menemukan sederet teori-teori yang dihasilkan dari hasil penelitian. Jika yang dibaca itu berupa objek peristiwa alam yang terjadi di lingkungan, kita akan menemukan nilai-nilai pelajaran berharga untuk dikaji dan dijadikan pertimbangan berpikir. Konsep membaca bukan hanya membaca tulisan buku, surat kabar, majalah, atau apa saja yang berbentuk tulisan berupa kata dan kalimat, tetapi membaca juga berarti mengamati atau menangkap signal-signal peristiwa dengan pikiran, perasaan, dan hati nurani. selengkapnya...»


Mengidentifikasi Topik, Ide Pokok, dan Kalimat Pendukung

Kategori: Artikel

Memahami topik, inti pokok, atau kerangka konseptual yang lebih besar dari satu bab dalam buku pelajaran, artikel, paragraf, kalimat atau perikop adalah tugas membaca yang rumit. Mampu untuk menarik kesimpulan, mengevaluasi, dan menginterpretasi artikel atau bab/pasal secara kritis adalah penting untuk pemahaman menyeluruh dalam membaca di perguruan tinggi. Bab-bab dalam buku pelajaran, artikel, paragraf, kalimat, atau perikop semuanya memiliki topik dan ide pokok. Topik adalah tema atau pesan yang luas dan umum. Topik juga disebut dengan subyek oleh beberapa orang. Ide pokok adalah "konsep utama" yang sedang diungkapkan. Kalimat pendukung, baik yang besar dan yang kecil, mendukung ide pokok dengan memberitahukan bagaimana, apa, kapan, di mana, kenapa, seberapa besar, atau seberapa banyak. Menemukan topik, ide pokok, dan kalimat pendukung membantu Anda mengerti poin-poin yang berusaha diungkapkan oleh penulis. Mengidentifikasi hubungan di antara hal-hal tersebut akan menambah pemahaman Anda. selengkapnya...»


Kenapa Menulis Tangan unggul?

Kategori: Artikel

Sekarang ini sangat biasa di ruang kuliah mahasiswa sibuk mencatat penjelasan dosen dengan mengetik langsung di laptop. Bahkan, banyak pula yang merekam dengan gawai mereka atau memotret bahan kuliah. Mungkin dengan cara tradisional seperti mencatat dengan pena di atas kertas atau buku bukan lagi menjadi favorit mahasiswa dimanapun. selengkapnya...»


Bukuku Surgaku

Kategori: Artikel, Kesaksian

Saya tidak ingat buku pertama yang saya baca. Tetapi yang saya ingat betul adalah bahwa dirumah kami sesudah makan malam Ibu selalu membacakan buku bagi kami, anak-anaknya. Setiap malam, selama setengah sampai satu jam. Kehebatan Ibu membacakan buku tiada tandingnya. la termasyur tidak hanya dalam keluarga kami sendiri. Bahkan kalau keluarga jauh bertemu, mereka pun menghararapkan Ibu membacakan sesuatu. Cara membacakan, di satu pihak tenang dan jelas, tetapi di lain pihak sedemikian rupa sehingga seluruh keterangan dari cerita yang dibacakan itu terkomunikasi dengan baik dan ia selalu kesulitan untuk berhenti karena kami selalu mendesak supaya jangan berhenti dulu. selengkapnya...»

Komentar