Resensi | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Resensi


Hidup Melajang: Memahami Dunia Kaum Lajang Masa Kini

Kategori: Resensi Buku Cetak

Gambar: Hidup Melajang
Judul buku : Hidup Melajang: Memahami Dunia Kaum Lajang Masa Kini
Judul asli : The Misunderstood World of Single Adults
Penulis/​Penyusun : David Egner
Penerjemah : Deesis Edith Mesiani
Editor : C. Krismariana W.
Penyedia editorial : Agustina Wijayani
Penerbit : Yayasan Gloria
Ukuran buku : 23 x 18,5 cm
Tebal : 48 halaman
ISBN : --
Buku online : --
Download : --

Dalam buku ini, penulis memaparkan kesalahan pandangan dunia terhadap kaum lajang masa kini. Hidup melajang dialami oleh orang-orang dari segala umur dan dari berbagai macam lingkungan. Kehidupan melajang banyak dibicarakan dalam berbagai media dengan penilaian bahwa kaum lajang merupakan orang-orang yang hidupnya dangkal, selalu mencari kenikmatan, impulsif, dan materialistis. Selain itu, gereja juga menggolongkan jemaatnya berdasarkan status menikah atau lajang, dan gereja tidak peka terhadap pergumulan kaum lajang masa kini -- yang berharap mendapatkan kasih dan perhatian dari antara orang percaya lebih daripada yang mereka harapkan dari orang-orang di tempat kerja atau lingkungan sekitar mereka. Namun, sering kali, kaum lajang justru mengalami kejadian yang membuat mereka minder. Padahal seharusnya, gereja berkesempatan besar untuk menjangkau kaum lajang dengan pekabaran Injil yang penuh rahmat, pesan pengharapan, dan penerimaan. Akan tetapi, gereja tidak melakukannya secara maksimal. Di banyak gereja, dunia kaum lajang masih disalahpahami dan tidak diperhitungkan. selengkapnya...»


What's next?

Kategori: Resensi Buku Cetak

Judul buku : What's next?
Judul asli : Top ten list for graduates
Penulis/​Penyusun : James W. Moore
Penerjemah : Anne Natanael
Penyunting : G. Dyah Paramita P.K.
Editor : C. Krismariana W.
Penerbit : PT GLORIA USAHA MULIA (GUM)
Ukuran buku : 19 x 12 cm
Tebal : 127 halaman
ISBN : 978-979-415-948-4
Buku online : --
Download : --

Masa muda adalah saat-saat persiapan perjalanan hidup yang akan datang. Keputusan yang dipilih saat ini memengaruhi bagaimana keadaan seterusnya. Dalam pengambilan keputusan, sebaiknya berdasar pada iman, harapan, kasih, dan sukacita sehingga dapat memberi pengaruh baik pada hari-hari mendatang. Ada 10 hal yang yang bisa menolong untuk menghadapi hari-hari yang akan datang. selengkapnya...»


Sang Penenun Agung

Kategori: Resensi Buku Cetak

Judul buku : Sang Penenun Agung
Judul asli : The Grand Weaver
Penulis/​Penyusun : Ravi Zacharias
Penerjemah : --
Editor : --
Penerbit : Pionir Jaya
Ukuran buku : 23 x 15.4 cm
Tebal : 203 halaman
ISBN : 978-979-542-300-3
Buku online : --
Download : --

Ravi Zacharias adalah seorang apologis Kristen, yang juga aktif menulis buku. Salah satu bukunya yang berjudul The Grand Weaver, mengusik pembaca untuk menjawab pertanyaan, "Apakah setiap peristiwa yang terjadi di dalam diri maupun di luar diri kita dirancang sempurna oleh Tuhan dalam sebuah kerapian yang indah?" Ravi mengajak kita untuk melihat bagaimana hati Sang Pencipta ketika ciptaan tidak melihat rancangan atau tujuan dalam hidupnya, ketika Dia bermaksud membantu setiap kita untuk dapat hidup sesuai dengan rancangan-Nya dan bukan untuk menginjak-injak hasil karya-Nya yang begitu mengagumkan. Buku ini dimulai dengan tema kekecewaan yang merupakan bagian dari rancangan hebat Tuhan untuk menyatakan kasih-Nya. selengkapnya...»


Selamat Menabur

Kategori: Resensi Buku Cetak

Judul buku : Selamat Menabur
Judul asli : Selamat Menabur
Penulis/​Penyusun : Andar Ismail
Penerjemah : --
Editor : --
Penerbit : PT BPK Gunung Mulia, Jl. Kwitang 22-23, Jakarta 10420
Ukuran buku : 14,5 x 21 cm
Tebal : 123 halaman
ISBN : 978-979-415-948-4
Buku online : --
Download : --

Buku Selamat Menabur karya Andar Ismail berisi 33 renungan bertema didik-mendidik. Karena berupa renungan, pembahasan setiap topik dilakukan secara ringkas dan padat. Buku ini tergolong bacaan ringan, tetapi isinya bernas. Bahasa yang digunakan mudah dimengerti/dicerna dan enak dibaca. Bahasan dalam buku ini menekankan bahwa hubungan kita dengan orang lain pada dasarnya adalah didik-mendidik, baik itu di rumah, di sekolah, di gereja, maupun di masyarakat. Pendidik kita yang utama adalah Allah sendiri. Allah bukan hanya mendidik kita lewat Firman-Nya, melainkan juga sudah melakukannya sehingga kita bisa meneladani-Nya. selengkapnya...»


Twelve Ordinary Men

Kategori: Resensi Buku Cetak

Judul buku : Twelve Ordinary Men
Judul asli : Twelve Ordinary Men
Penulis/​Penyusun : John MacArthur
Penerjemah : Saut Sidabutar
Editor : Paula Allo
Penerbit : Immanuel
Ukuran buku : 23 x 15.4 cm
Tebal : 233 halaman
ISBN : 978-602-8537-62-9
Buku online : --
Download : --

Kehidupan Yesus tidak lepas dari dua belas rasul yang telah dipilih-Nya. Siapakah orang-orang ini? Apakah mereka orang-orang terpandang dan berpengaruh pada masanya? Mungkin, kita pernah melihat gambar para rasul di kaca-kaca gereja. Kaca yang berwarna dengan lingkaran suci yang bersinar melambangkan tingkat kerohanian yang tinggi. Pada kenyataannya, mereka adalah orang-orang yang sangat, sangat biasa. Mereka bukan tokoh-tokoh agama, mereka bukan orang-orang suci, mereka bukan sarjana. Ya, sebagian besar dari mereka adalah nelayan, pemungut cukai, dan politikus yang impulsif. Mereka hanya manusia biasa seperti kita, tetapi telah memenuhi panggilan yang tidak biasa. Perubahan mereka menjadi bejana-bejana untuk kemuliaan hanyalah karena karya Sang Tukang Periuk. selengkapnya...»


Oliver Twist

Kategori: Resensi Buku Cetak

Judul buku : Oliver Twist
Judul asli : Oliver Twist
Penulis/​Penyusun : Charles Dickens
Penerjemah : --
Editor : --
Penerbit : Oxford University Press, Oxford
Ukuran buku : 17,7 x 11,2 cm
Tebal : 95 halaman
ISBN : 0-19-424173-4
Buku online : --
Download : --

Oliver Twist dilahirkan dalam kemiskinan dan kemalangan. Ibunya meninggal saat melahirkan dia, dan ayahnya tidak diketahui keberadaannya. Sejak kecil, dia harus tinggal di sebuah panti asuhan di pinggiran kota London yang kumuh. Pada usianya yang masih muda, dia pun harus bekerja untuk mencukupi kebutuhannya sendiri. Namun, karena tak tahan dengan perlakuan kasar yang dia dapat di rumah tuannya, Tuan Sowerberry, dia kemudian memutuskan untuk melarikan diri ke London. Di sana, dia bertemu dengan Jack Dawkins, alias Artful Dodger, yang menawarkannya tempat tinggal, sebelum dia bertemu dengan Ragin dan geng pencurinya. Di kota London inilah, perjalanannya yang berliku-liku untuk menemukan kebahagiaan dimulai. selengkapnya...»


Kamu Juga Bisa Menata!

Kategori: Resensi Buku Cetak

Judul buku : Kamu Juga Bisa Menata!
Judul asli : --
Penulis/​Penyusun : Robby I. Chandra
Penerjemah : --
Editor : Mariani, Somasinama Zebua
Penerbit : Young Leaders Indonesia
Ukuran buku : 14 x 21 cm
Tebal : 116 halaman
ISBN : 978-979-19324-5-5
Buku online : --
Download : --

Robby I. Chandra dalam seri buku kepemimpinannya "Kamu Juga Bisa Menata" menekankan pentingnya perencanaan strategis dalam sebuah kepemimpinan untuk mencapai hasil yang diharapkan. Pernahkah Anda memikirkan dengan matang mengenai sebuah perencanaan strategis yang ingin Anda terapkan? Jika Anda membaca buku ini, Anda akan mendapatkan pengetahuan mendalam dalam membuat perencanaan strategis yang melibatkan berbagai aspek penting penunjang kepemimpinan yang berhasil. Anda akan diajak untuk memikirkan dan menyusun rencana strategis mengenai gambaran besar mimpi Anda, visi misi, sumber daya yang dimiliki, semua pengikut Anda, dan indikator keberhasilan yang Anda harapkan.

Buku ini sangat menarik dan berguna bagi setiap kita, sebab setiap kita adalah pemimpin bagi diri sendiri yang tentunya memerlukan sebuah perencanaan strategis pula. Dalam penjelasannya, buku ini mengawali eksposisinya dengan memberikan landasan pola pikir perencanaan yang strategis dan hal-hal penting yang harus kita lihat dalam Kristus terkait topik ini. Proses penciptaan yang Allah lakukan ternyata menjadi salah satu landasan kuat pentingnya perencanaan strategis yang harus dilakukan oleh setiap pemimpin Kristen. Mari membaca buku ini supaya kita menjadi tahu apa kata Alkitab mengenai perencanaan strategis dan bagaimana kita membuat perencanaan strategis itu.

Peresensi: Santi T.


Rasio bagi Allah

Kategori: Resensi Buku Cetak

Judul buku : Rasio bagi Allah: Kepercayaan dalam Zaman Skeptisisme
Judul asli : Reason for God: Belief in an Age of Skepticism
Penulis/​Penyusun : Tim Keller
Penerjemah : Junedy Lee
Editor : Stevy Tilaar
Penerbit : Momentum
Ukuran buku : 14 x 21 cm
Tebal : 292 halaman
ISBN : 978-602-8165-36-5
Buku online : --
Download : --

Kekristenan bukanlah kepercayaan yang tidak berdasar, yang memiliki doktrin dan pengajaran yang tidak masuk akal dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. Meski ada banyak hal dalam firman Tuhan yang tidak dapat dijelaskan dengan nalar dan logika manusia, bukan berarti kebenaran yang ada di dalamnya dapat dipertanyakan. selengkapnya...»


Berani Menggali Lebih Dalam

Kategori: Resensi Buku Cetak

Judul buku : Berani Menggali Lebih Dalam
Judul asli : Dare 2 Dig Deeper Series
Penulis/​Penyusun : Focus on The Family, Colorado Springs
Penerjemah : Tim Fokus Pada Keluarga, Jakarta
Editor : Yeri Ekomunajat
Penerbit : ANDI Offset
Desain sampul : Tri Widyatmaka
Ukuran buku : 18 x 11 cm
Tebal : 114 halaman
ISBN : 979-763-290-3
Buku online : --
Download : --

Masa remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak ke masa dewasa. Banyak pergolakan batin yang terjadi selama masa ini. Remaja kerap dihadapkan dengan pilihan dan masalah yang membuat bingung, di sisi lain ada beragam tawaran yang tampaknya menarik, tetapi sebenarnya hanya sesaat saja. Kerap remaja melampiaskan kegelisahan mereka dengan mencari solusi yang menurut mereka menarik, tetapi sebenarnya mereka hanya melarikan diri. selengkapnya...»


Tiga Salib

Kategori: Resensi Buku Cetak

Judul buku : Tiga Salib
Judul asli : --
Penulis/​Penyusun : Tim STEMI
Penerjemah : --
Editor : --
Penerbit : STEMI (Stephen Tong Evangelistic Ministries International)
Ukuran buku : 15 x 10 cm
Tebal : 10 halaman
ISBN : --
Buku online : --
Download : --

Kematian Yesus sangatlah tragis jika digambarkan pada zaman ini. Akan tetapi, Yesus mati membawa keselamatan dan perubahan besar bagi seluruh umat manusia. Hal ini terjadi dalam kematian Yesus yang bisa kita renungkan melalui buku "Tiga Salib" -- bahwa Yesus mati untuk dosa, bukan yang lain. selengkapnya...»

Komentar