Kiat-kiat | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Kiat-kiat


Kiat Jitu Beli Buku

Kategori: Kiat-kiat

Membeli buku sudah menjadi kebutuhan orang modern. Selain sebagai guru dan penasihat abadi yang bisa dibawa ke mana-mana, buku juga dapat dianggap sebagai investasi. Problemnya, begitu banyak judul buku diedarkan, sampai-sampai pusing memilihnya. Agar tidak terjebak membeli buku yang tidak dibutuhkan, ada baiknya ikuti tips di bawah ini. selengkapnya...»


Memaksimalkan Daya Ingat Ketika Membaca

Kategori: Kiat-kiat

Terkadang kita sulit sekali untuk mengingat sesuatu. Padahal sesuatu itu merupakan hal yang sangat penting untuk disimpan dalam memori kita. Begitu halnya saat kita membaca, ternyata banyak sekali faktor yang memengaruhi daya ingat kita saat membaca. Sehingga, di akhir membaca sebuah buku kita hanya mengingat bagian depan atau malah bagian belakang saja. Bagian di tengah-tengah kadang dengan begitu saja terlewatkan. Makanya ketajaman daya ingat kita saat membaca amat penting sekali. selengkapnya...»


Sepuluh Manfaat Mengapa Anda Harus Membaca Setiap Hari

Kategori: Kiat-kiat

Kapan terakhir kali Anda membaca buku atau artikel majalah yang substansial? Ataukah kebiasaan membaca harian Anda berpusat di Twitter, Facebook, atau jejaring sosial lainnya? Jika Anda termasuk salah satu dari banyak orang yang tidak terbiasa membaca secara teratur, Anda jelas kehilangan manfaat yang seharusnya Anda dapatkan, karena membaca memiliki sejumlah manfaat yang signifikan. Adapun sepuluh manfaat dari membaca di antaranya adalah: selengkapnya...»


"NON" SEBAGAI AWALAN? NANTI DULU!

Kategori: Kiat-kiat

Nonaktif. Kata ini meruap kala seorang pejabat terkena kasus atau intrik politik. Misalnya kala Kapolri Bimantoro dinonaktifkan oleh Presiden Gus Dur pertengahan tahun 2001. Begitu juga ketika Syahril Sabirin tersandung kasus Bank Bali. Ia diminta nonaktif dari jabatannya. Kasus terbaru tentunya Akbar Tandjung. selengkapnya...»


Empat Strategi Efektif untuk Mengingat Isi Buku yang Anda Baca

Kategori: Kiat-kiat

Pernahkah Anda menceritakan kepada teman Anda atau orang di sekitar Anda tentang buku bagus yang baru saja Anda baca, namun saat teman Anda bertanya tentang tema atau alur cerita dari buku tersebut, Anda malah lupa dan berpikir keras untuk mengingat apa yang telah Anda baca tadi? Atau, pernahkah Anda memaksakan diri menyelesaikan sebuah buku dalam waktu sekejap atau beberapa hari karena Anda khawatir akan melupakan bab-bab yang sebelumnya telah Anda baca? selengkapnya...»


Cara Mudah Agar Bisa Lebih Banyak Membaca

Kategori: Kiat-kiat

Dengan waktu yang Anda habiskan untuk menuju kantor setiap harinya, Anda bisa membaca belasan buku setiap tahun. Pádraig Belton pun mencari tahu, apakah ada buku yang tepat dan sesuai untuk lamanya perjalanan Anda ke kantor? selengkapnya...»


Kiat Membaca Cepat

Kategori: Artikel, Kiat-kiat

Masih Ingatkah saat mata pelajaran Bahasa Indonesia kita sering diminta guru untuk membaca cepat bahkan terkadang menggunakan timer untuk menghitungnya. Hal itu dimaksudkan untuk mengukur kemampuan membaca yang kita miliki, kemampuan membaca cepat ini penting loh terutama untuk mengetahui kemampuan menyerap informasi lewat bacaan secara cepat dan akurat. Semakin seseorang membaca cepat, semakin banyak informasi yang diserap otak kita. Kemampuan membaca cepat berkaitan juga dengan tingkat intelektual seseorang. selengkapnya...»


Menentukan Target Menulis

Kategori: Artikel, Kiat-kiat, Penulis

Banyak orang awalnya tidak pernah berpikir untuk menekuni dunia menulis, tetapi pada akhirnya, karena suatu keadaan, "memaksa" dirinya harus bisa menulis. Misalnya, karena tuntutan tugas dan pekerjaan, peningkatan jenjang karir, ekonomi, dan lain sebagainya. Beberapa di antaranya berhasil langsung melewati fase tersebut dengan target yang ditetapkan. Namun, beberapa lainnya harus berjuang keras untuk menyelesaikannya dengan berbagai kendala. Akan tetapi, banyak juga yang akhirnya malah benar-benar bisa menjadi penulis profesional, lho! selengkapnya...»


Prinsip-Prinsip Belajar

Kategori: Kiat-kiat

Prinsip-prinsip belajar mencakup:

A. Motivasi

Hadiah dapat mendorong (memotivasi) untuk berusaha lebih giat. Namun, di samping hadiah, ada hal-hal lain yang dapat mendorong belajar antara lain:

  1. Ingin mendapatkan pujian.
  2. Ingin melebihi teman-temannya.
  3. Tahu pentingnya pelajaran untuk dirinya sendiri.
  4. Takut mendapat malu.
  5. Takut hukuman.

Bagaimana Meningkatkan Keterampilan Membaca Anda

Kategori: Kiat-kiat

  1. Carilah sesuatu untuk dibaca. Contoh mencakup: buku anak-anak, artikel surat kabar, cerita pendek, atau tulisan dari wikiHow.

Komentar