Metode Penelaahan Alkitab | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Metode Penelaahan Alkitab


Kategori: Alkitab, Resensi Buku Cetak, Pendalaman Alkitab

Judul asli : Metode Penelaahan Alkitab (Prinsip PA dan 22 Metode PA Teruji dan Efektif)
Penulis : Dick & Tinem Maitimoe
Penerjemah : --
Penerbit : Persekutuan Pembaca Alkitab, Jakarta 1984
Ukuran buku : 12,5 x 18,5 cm
Tebal : 93 halaman
Sumber : Pub. e-Buku edisi 61/2010

Manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling mulia di antara semua ciptaan-Nya yang lain. Tuhan memberikan cipta, rasa, dan karsa kepada manusia agar ia bisa mengenal dan memahami Allah, sang Pencipta. Salah satu cara manusia mengenal Allah adalah melalui Alkitab. Selain itu, Alkitab merupakan standar utama penuntun manusia dalam berinteraksi dengan ciptaan Tuhan yang lain. Oleh karena itu, penelaahan Alkitab sangat diperlukan bagi seluruh jemaat.

Penelaahan Alkitab sebenarnya dapat dilakukan dengan beberapa metode. Dick dan Tinem Maitimoe melalui buku "Metode Penelaahan Alkitab" ini memperkenalkan 22 metode PA yang dapat Anda terapkan. Penulis menyajikan prosedur penelaahan Alkitab dengan penjelasan-penjelasan yang disertai petunjuk-petunjuk praktis dan teknis. Sebelum Anda masuk terlalu dalam, Anda akan diajak untuk mengerti alasan mengapa menerapkan metode penelaahan Alkitab itu penting. Bukan hanya itu saja, penulis juga menjelaskan bagaimana menelaah Alkitab, pendekatan penelaahan Alkitab, pola interaksi dalam penelaahan Alkitab, dan 12 pedoman bagi pembina penelaahan Alkitab. Dalam penelaahan Alkitab, ada 2 konteks yang harus diperhatikan secara khusus, yaitu situasi sejarah konkret, di mana dan mengapa Alkitab ditulis, dan situasi konkret dunia masa kini. Pemahaman konteks sangat penting dilakukan untuk memudahkan menafsirkan isi Alkitab. Penulis membahas metode-metode penelaahan dengan tiga pendekatan. Sebelas metode dilakukan dengan pendekatan gagasan (discovery), 6 metode dengan pendekatan penerangan (expository), dan 5 metode dengan pendekatan pelacakan (inquiry).

Buku "Metode Penelaahan Alkitab" ini sangat menarik karena prosedur PA yang disajikan cukup sederhana. Metode-metode yang diperkenalkan juga tidak terlalu banyak membutuhkan peralatan, cukup dengan menyiapkan Alkitab, kertas, dan alat tulis. Prosedur-prosedur metode PA dalam buku ini pada dasarnya disusun untuk mendukung kelompok-kelompok PA. Nah, bagi Anda yang rindu mendalami Alkitab secara bersama-sama, bacalah buku ini! Dapatkan prosedur PA yang bermanfaat untuk kelompok PA Anda.

Peresensi: Santi T. L.

Komentar