Mematikan Dosa | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Mematikan Dosa


Kategori: Resensi Buku Cetak, Hidup Kristen

Judul buku : Mematikan Dosa -- Suatu Pengajaran Alkitabiah Praktis
Judul asli : What Every Christian Needs to Know: About Temptation and Putting Sin to Death
Penulis/Penyusun : John Owen/A. Swanson
Penerjemah : Ina Elia Gani
Editor : Irwan Tjulianto
Penerbit : Penerbit Momentum, Surabaya 2013
Ukuran buku : 19 x 12,5 cm
Tebal : 121 halaman
ISBN : 978-602-8242-19-6
Buku Online : -
Download : -

Jika Anda ingin membaca buku yang dapat memberitahukan kepada Anda betapa dangkalnya pemahaman Anda tentang pengajaran Alkitab, buku "Mematikan Dosa" ini adalah salah satunya. Meski hanya versi ringkas yang disederhanakan dari karya John Owen, "The Mortification of Sin", setiap rangkaian kata dari buku ini menolong pembaca untuk mengoreksi hati dan mengakui apakah selama ini pemahamannya mengenai dosa sangat dangkal. Banyak indikasi yang diungkapkan John Owen melalui tulisannya ini mengenai orang percaya yang sedang dalam "gawat darurat rohani" karena masalah dosa. Salah satu indikasi berbahaya seperti terdapat dalam dalam bab 9: Seorang percaya bisa merasa nyaman untuk terus berbuat dosa, justru ketika menyadari bahwa ia adalah orang Kristen. Rasa aman itu timbul karena status Kristennya dianggap kunci untuk lolos dari murka Allah yang akan datang. Alih-alih bertekad untuk mematikan keinginan berdosanya, orang tersebut menyingkirkan kesedihan jiwanya dengan memohon anugerah dan kemurahan Allah akan perbuatan dosanya.

Penjabaran tentang mematikan dosa dalam buku ini dibagi menjadi 14 bab. Pada bab 1 - 6, penulis menjelaskan tentang dosa dalam Alkitab, kewajiban orang percaya untuk mematikan dosa selama hidupnya, karya Roh Kudus dalam mematikan dosa, dan pengantar-pengantar untuk praktik mematikan dosa. Lalu, pada bab 7 - 14, pembaca akan dibawa untuk melihat peraturan-peraturan khusus dan petunjuk yang alkitabiah untuk mematikan dosa. Meski topik yang dibahas cukup berat, tetapi sekali Anda membacanya, kemungkinan besar hati Anda akan tergetar karena ternyata hidup kekristenan Anda sedang dalam kondisi bahaya. Apakah Anda tetap mau berada dalam kondisi ini? Jika tidak, cermati lagi setiap perintah yang ada dalam firman Tuhan. Buku ini bisa menjadi "teman" yang dapat menolong Anda untuk kembali kepada firman-Nya sehingga Anda dapat menjadi orang percaya yang taat akan perintah-Nya.

Sebagai penutup, kalimat dalam salah satu bagian dari bab 10 buku ini mungkin dapat mendorong Anda untuk segera membacanya: "Roh Kudus telah memilih hati kita sebagai tempat tinggal-Nya .... Betapa sedihnya Roh Kudus ketika orang percaya membagikan hati yang dimiliki-Nya dengan musuh-musuh-Nya, yaitu keinginan-keinginan berdosa kita. Oh, orang percaya sekalian, pikirkanlah siapa dan apakah Anda ini. Siapa Roh yang Anda dukakan itu, apa yang telah Dia perbuat bagi Anda, dan apa yang hendak Dia lakukan bagi Anda. Anda patut malu atas setiap keinginan berdosa yang belum dimatikan, yang Anda biarkan mencemari bait-Nya!"

Peresensi: Davida

Komentar