Waktu Membaca yang Baik | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Waktu Membaca yang Baik


Kategori: Artikel, Umum

Tidak semua waktu dapat kita gunakan untuk membaca. Kita butuh waktu yang tepat untuk membaca.

BUKU adalah jendela dunia dan gudang ilmu. Dalam buku termuat di dalamnya pengetahuan dan pengalaman berharga yang dapat dipakai untuk pekerjaan dan atau pendidikan kita. Buku adalah harta kekayaan yang tak ternilai bagi dunia. Dan, kegiatan yang dapat memindahkan pengetahuan dan pengalaman dari buku tentu saja adalah membaca.

Dengan rajin membaca buku, wawasan kita semakin luas: pengetahuan kita bertambah. Membaca dapat meningkatkan kecerdasan. Inspirasi tak jarang kita dapatkan lewat buku. Membaca juga dapat meningkatkan kualitas memori otak dan bisa terhindar dari pikun. Orang yang malas membaca buku itu pengetahuannya terbatas. Dengan membaca, kita dapat menulis ataupun memperkaya kegiatan-kegiatan kita dengan pengetahuan baru.

Namun, tidak semua waktu dapat kita gunakan untuk membaca. Kita butuh waktu yang tepat untuk membaca. Kapankah waktu yang tepat untuk membaca buku? Tak jarang karena bertumpuknya pekerjaan dan aktivitas lain dapat menghadang kita untuk membagi waktu yang tepat untuk membaca bahkan menyentuh buku pun tidak sempat. Karena itu, di bawah ini terdapat beberapa petunjuk waktu yang tepat untuk membaca:

Pertama, malam hari. Seisi rumah mulai terlelap pada malam hari adalah waktu yang tepat untuk membaca buku. Suasana yang hening dan sunyi memacu kita untuk membaca dengan tenang tanpa gangguan apapun. Konsentrasi untuk membaca mulai terpusat dan kualitas membaca meningkat. Bagi penderita insomnia membaca di tengah malam mungkin baik karena dapat mengundang kantuk dan ada kemungkinan insomnia bisa sembuh dengan membaca.

Kedua, ketika liburan Anda dapat membaca seharian dengan puas. Atau kalau ada yang mau membaca di area terbuka, taman favorit adalah tempatnya. Udara segar dari pepohonan dan wangi bunga yang dihirup akan meningkatkan gairah atau memicu kita supaya lebih semangat untuk membaca. Pikiran yang segar ketika liburan akan memudahkan Anda mencerap pengetahuan dari buku.

Ketiga, saat berpergian Kalau berencana hendak berpergian ke tempat yang lumayan jauh jangan lupa untuk membawa buku. Kita dapat mengisi waktu kosong selama perjalanan dengan membaca. Selain ilmu bertambah, membaca juga mengusir kejenuhan dalam perjalanan. Atau ketika antri dalam perjalanan di mana saja kita dapat mengambil kesempatan membaca.

Keempat, saat di kantor atau kampus. Membaca dapat juga dilakukan di kantor bagi para pekerja yakni pada jam istirahat untuk makan siang dan lain-lain. Bagi yang kuliah, membaca di waktu istirahat dan di perpustakaan adalah tempat paling cocok dan ideal karena memiliki suasana yang tenang dan kondusif. Situasi yang nyaman akan membuat kita merasa nyaman untuk membaca.

Demikian beberapa tawaran waktu membaca yang tepat. Mari kita membaca sebanyak mungkin atas dasar spirit pendidikan seumur hidup. Semoga bermanfaat.

Diambil dari:
Nama situs : IndonesiaSatu.co
Alamat URL : http://indonesiasatu.co/detail/waktu-membaca-yang-baik
Judul artikel : Waktu Membaca yang Baik
Penulis artikel : Sofia Wea
Tanggal akses : 3 April 2017

Komentar