Tafsir Alkitab Perjanjian Baru | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Tafsir Alkitab Perjanjian Baru


Kategori: Resensi Buku Cetak, Biblika

Judul asli : The Collegeville Bible Commentary
Penulis : Dianne Bergant dan Robert J. Karris
Penerjemah : A.S. Hadiwiyata
Penerbit : Kanisius, Yogyakarta 2002
Ukuran buku : 16,4 x 23,5 cm
Tebal : 516 halaman
Sumber : Pub. e-Buku edisi 38/2008

Buku yang berjudul "Tafsir Alkitab" ini merupakan terjemahan dari "The Collegeville Bible Commentary". Buku ini ditulis oleh Dianne Bergant dan Robert J. Karris. Dalam versi aslinya (bahasa Inggris), buku ini berisi tentang Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru yang ditulis dalam satu buku. Namun karena berbagai pertimbangan, penerbit akhirnya membagi isinya ke dalam dua buku, di mana Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru ditulis secara terpisah. Buku tafsir ini dikerjakan oleh banyak orang. Oleh karena itu, pembaca mungkin menjumpai beberapa hal terasa tidak lancar atau memunyai nuansa yang berbeda. Hal ini dapat dipahami karena adanya berbagai pandangan teologis dan pendekatan metodologis dari para ahli yang terlibat dalam penulisan buku ini.

Berbeda dari karya lain, tulisan ini lebih memerhatikan asal-usul, pertumbuhan, dan perkembangan tradisi alkitabiah pada umumnya -- tradisi yang akhirnya dipadatkan dalam kanon Kitab Suci. Kemudian dibahas sekilas sejarah kanon, diikuti suatu penyelidikan mengenai kesaksian-kesaksian teks. Pembentukan tradisi, perkembangan kanon, dan kesaksian teks merupakan pokok-pokok yang saling berkaitan. Karena Alkitab dimengerti sebagai karya ilahi, peranan Tuhan dalam proses penyusunan juga dibicarakan. Akhirnya, dikemukakan cara penafsiran teks yang diperlukan untuk memahami Alkitab. Benar-benar buku yang sangat lengkap!

Walau sekilas bahan-bahan yang dibicarakan dalam tulisan ini tampak sukar dan hanya menarik bagi orang-orang yang secara profesional mempelajari Kitab Suci, namun setelah diperhatikan dengan saksama, menjadi jelas bahwa banyak masalah dasar yang diajukan oleh orang pada umumnya mengenai Alkitab, terjawab dalam karangan ini. Jadi, jika Anda rindu menggali dan mendalami firman Tuhan, buku ini bisa menjadi referensi yang baik. Selamat membaca!

Peresensi: Sri Setyawati

Komentar