Rasio bagi Allah | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Rasio bagi Allah


Kategori: Resensi Buku Cetak

Judul buku : Rasio bagi Allah: Kepercayaan dalam Zaman Skeptisisme
Judul asli : Reason for God: Belief in an Age of Skepticism
Penulis/​Penyusun : Tim Keller
Penerjemah : Junedy Lee
Editor : Stevy Tilaar
Penerbit : Momentum
Ukuran buku : 14 x 21 cm
Tebal : 292 halaman
ISBN : 978-602-8165-36-5
Buku online : --
Download : --

Kekristenan bukanlah kepercayaan yang tidak berdasar, yang memiliki doktrin dan pengajaran yang tidak masuk akal dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. Meski ada banyak hal dalam firman Tuhan yang tidak dapat dijelaskan dengan nalar dan logika manusia, bukan berarti kebenaran yang ada di dalamnya dapat dipertanyakan.

Dalam dunia di mana sains, teknologi, dan logika serta rasio mengemuka dan menjadi standar bagi semua dalil dan pernyataan, iman kepada Allah sungguh dapat menjadi kompas yang menuntun manusia kepada kebaikan, kebenaran, dan tujuan hidup yang sejati. Inilah yang ingin diungkapkan oleh Tim Keller dalam bukunya "Rasio Bagi Allah".

Dalam buku bergenre apologetika setebal 292 halaman ini, Tim Keller mengulas banyak hal di seputar iman Kristen yang mungkin sering menjadi bahan pertanyaan kita atau orang-orang yang skeptis. Mungkinkah hanya ada satu kepercayaan yang benar? Mengapa Allah mengizinkan penderitaan terjadi? Apakah isi Alkitab benar dan dapat dipertanggungjawabkan? Bagaimana Allah yang penuh kasih dapat menghukum orang di neraka? Dan, beberapa pertanyaan lainnya yang akan dijawab oleh penulis dalam kerangka filsafat, sastra, dan kebenaran Alkitab. Membagi bukunya menjadi dua bagian besar, penulis berupaya menjawab pertanyaan-pertanyaan untuk mengatasi keraguan tentang Allah dan iman Kristen di dalam bab 1 -- 7 serta mengulas tentang alasan-alasan untuk percaya pada iman kristiani melalui bab 8-14. Pembagian tersebut akan sangat membantu pembaca untuk berangkat dari hal-hal mendasar untuk terus dibawa pada level iman dan pengajaran yang lebih detail dan mendalam.

Melalui berbagai ilustrasi, cerita, pertanyaan, pendapat, kesaksian, dan kutipan dari para teolog, ahli sains, sastrawan, masyarakat awam, dan banyak tokoh lainnya yang dicantumkan dalam tulisan Tim Keller ini, wawasan kita terhadap iman Kristen yang bersumber pada kebenaran Alkitab akan semakin terbuka dan bahkan mendapat pencerahan. Disebut sebagai salah satu buku yang laris versi New York Times, "Rasio bagi Allah", menjadi buku yang sangat baik untuk kita baca. Bukan hanya akan menjelaskan iman Kristen kepada mereka yang skeptis dan tidak percaya dengan argumen intelektual yang sangat baik, buku ini juga sangat baik sebagai bahan untuk memupuk pertumbuhan iman kita secara pribadi.

Peresensi: N. Risanti

Komentar