Pengantar Pelayanan: Konseling Kristen yang Efektif | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Pengantar Pelayanan: Konseling Kristen yang Efektif


Kategori: Resensi Buku Cetak

Judul asli : Effective Christian Counselling
Penulis : Dr. Gary R. Collins
Penerjemah : Esther Susabda
Penerbit : Seminari Alkitab Asia Tenggara, Malang 1998
Ukuran buku : 14 cm x 21 cm
Tebal : 194 halaman
Sumber : Pub. e-Buku edisi 09/2006

Di saat semakin banyaknya tantangan hidup yang harus dihadapi oleh anak-anak Tuhan, keberadaan konseling jelas sangat dibutuhkan. Jika dahulu ada pandangan bahwa ilmu psikologi yang dipakai sebagai dasar konseling adalah ilmu yang tidak sesuai dengan firman Tuhan, kini pendapat itu terbukti tidak tepat. Konseling Kristen adalah jawabannya. Lalu apakah konseling Kristen itu? Apa bedanya dengan psikologi umum? Dan bagaimana para konselor Kristen dapat menjalankan perannya dengan efektif?

Dr. Gary R. Collins dalam buku ini mengupas habis seluk-beluk dunia konseling Kristen. Dengan dasar-dasar alkitabiah, ia menjelaskan berbagai hal seputar kaitan antara dunia konseling dan dunia Kristen. Di awal, ia memulai dengan hal-hal umum seperti alasan kebutuhan, ciri, arah, tujuan, teknik dan bentuk konseling, hingga hubungan antara gereja, orang percaya, dan konseling ini. Setelah itu, barulah ia menjelaskan hal-hal yang lebih kompleks dan spesifik yang berkaitan dengan persoalan-persoalan yang biasa dihadapi para konseli (orang yang melakukan konseling). Mulai dari konseling pernikahan dan keluarga hingga permasalahan stres, kemarahan, dukacita, kegelisahan, dsb. Sebagai penutup, dipaparkan masa depan konseling Kristen dan tantangan-tantangan yang akan dihadapi dunia konseling Kristen terutama oleh para konselornya.

Dari buku yang tampilannya cukup nyaman dibaca ini, kita bukan hanya bisa melihat apa itu konseling Kristen, namun juga membuktikan bahwa Alkitab memang sumber jawaban bagi segala permasalahan manusia. Oleh karenanya, buku ini sangat direkomendasikan untuk para hamba Tuhan, guru-guru, hingga mereka yang banyak berhubungan dengan penghiburan dan peneguhan saudara seiman.

Peresensi: Ary

Komentar