Oliver Twist | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Oliver Twist


Kategori: Resensi Buku Cetak

Judul buku : Oliver Twist
Judul asli : Oliver Twist
Penulis/​Penyusun : Charles Dickens
Penerjemah : --
Editor : --
Penerbit : Oxford University Press, Oxford
Ukuran buku : 17,7 x 11,2 cm
Tebal : 95 halaman
ISBN : 0-19-424173-4
Buku online : --
Download : --

Oliver Twist dilahirkan dalam kemiskinan dan kemalangan. Ibunya meninggal saat melahirkan dia, dan ayahnya tidak diketahui keberadaannya. Sejak kecil, dia harus tinggal di sebuah panti asuhan di pinggiran kota London yang kumuh. Pada usianya yang masih muda, dia pun harus bekerja untuk mencukupi kebutuhannya sendiri. Namun, karena tak tahan dengan perlakuan kasar yang dia dapat di rumah tuannya, Tuan Sowerberry, dia kemudian memutuskan untuk melarikan diri ke London. Di sana, dia bertemu dengan Jack Dawkins, alias Artful Dodger, yang menawarkannya tempat tinggal, sebelum dia bertemu dengan Ragin dan geng pencurinya. Di kota London inilah, perjalanannya yang berliku-liku untuk menemukan kebahagiaan dimulai.

Novel klasik karangan Charles Dickens ini menyajikan kepada pembaca sebuah potret kehidupan masyarakat kelas menengah ke bawah di Inggris pada Era Victoria. Kemiskinan dan kriminalitas yang mewarnai kehidupan pada masa itu merupakan tema utama yang diangkat dalam novel ini. Oliver Twist, tokoh utama dalam novel ini, menggambarkan orang-orang yang bukan berasal dari golongan bangsawan yang berusaha melepaskan diri dari belenggu kemiskinan yang mengikatnya. Dia pergi ke London barangkali dengan harapan untuk memperoleh hidup yang lebih baik. Namun, alih-alih mendapatkannya, dia justru dihadapkan dengan kehidupan kriminal. Sepertinya tidak ada pilihan lain dalam hidupnya selain tinggal dan bekerja di rumah sosial untuk para gelandangan, seperti yang sebelumnya dia lakukan, atau menyambung hidup dengan mencuri orang-orang dari kelas atas. Meskipun demikian, seperti cerita-cerita lain yang sama-sama menggunakan plot "kebaikan menang mengalahkan kejahatan", terlepas dari liku-liku perjalanan hidupnya, Oliver kecil pada akhirnya mendapatkan imbalan atas kebaikan hatinya dan mengalami keajaiban yang mengubah hidupnya selamanya.

Selain menjadi bacaan yang ringan dan bisa dinikmati dengan santai, Oliver Twist juga memiliki nilai lebih karena memberikan pelajaran sejarah tentang stereotip hidup pada Era Victoria. Novel ini juga menawarkan nilai-nilai perjuangan hidup serta moralitas di tengah-tengah era yang sulit, yang sangat baik untuk dipelajari oleh generasi muda saat ini. Alur ceritanya yang bagus, latarnya yang menarik, dan karakter-karakternya yang memesona menjadikan Oliver Twist salah satu novel yang tidak boleh terlewatkan untuk dibaca.

Peresensi: Odysius

Komentar