Mengenali Monster Pribadi | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Mengenali Monster Pribadi


Kategori: Resensi Buku Cetak, Hidup Kristen, Konseling

Judul buku : Mengenali Monster Pribadi -- Seni Pemulihan Diri Sendiri dari Trauma, Emosi Negatif, dan Kebiasaan Buruk
Judul asli : -
Penulis/Penyusun : Julianto Simanjuntak
Penerjemah : -
Editor : Roswita Ndraha dan Vivi Yanthy Sipayung
Penerbit : Yayasan PELIKAN Indonesia, Jakarta 2013
Ukuran buku : 20,5 x 14 cm
Tebal : 205 halaman
ISBN : --
Buku Online : --
Download : -

Mendengar kata "monster" membuat kita membayangkan suatu makhluk yang besar dan menyeramkan, memiliki wajah yang tidak beraturan, dan ketika orang melihatnya pasti akan merasa takut. Namun, apa yang dimaksud dengan "monster" dalam pribadi seseorang? Di dalam buku ini dijelaskan "monster" pribadi adalah area sensitif yang ke dalamnya kita mudah jatuh atau terganggu dengan situasi tertentu. "Monster" ini terbentuk sejak kecil, yang disebabkan adanya pengalaman yang tidak menyenangkan, traumatis, atau sangat memalukan.

Dalam menyusun buku ini, Bapak Julianto Simanjuntak membaginya dalam dua bagian. Bagian yang pertama, berisi jenis-jenis "monster" pribadi seperti: kepahitan, tawar hati, minder, dll.. Bagian kedua, berisi mengenai seni mengelola "monster" pribadi. Secara garis besar, penulis menjelaskan siapa dan apa yang membentuk "monster" itu, apa akibat adanya "monster" yang dibawa sejak kecil hingga dewasa, dan bagaimana mengelolanya. Seperti buku yang ditulis oleh Bapak Julianto Simanjuntak yang lain, dalam penjelasan-penjelasannya menggunakan pengalaman-pengalaman hidup beliau, keluarga, dan juga pengalaman dari pelayanan beliau. Buku ini dikemas dengan bahasa yang sederhana, dan ada banyak contoh praktis yang diberikan oleh penulis. Oleh karena itu, secara keseluruhan, buku ini sangat praktis dan mudah dipahami. Namun, buku ini akan lebih lengkap apabila dijelaskan lebih mendalam tentang bagaimana Alkitab memandang setiap topik yang dijelaskan.

Buku ini membantu setiap pembaca untuk mengingat dan menyadari apa yang menjadi "monster" pribadinya, dan bagaimana mengelola "monster" itu. Setelah pembaca menang dan menyadari akan apa yang ada di dalam dirinya sendiri, pembaca dapat mengajak keluarga, teman, dan sahabat untuk mengenal dan menyadari "monster" yang ada pada diri mereka dan mengatasinya bersama Kristus.

Peresensi: Mei

Komentar