Living with Integrity | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Living with Integrity


Kategori: Resensi Buku Cetak

Gambar: Buku Living with Integrity
Judul buku : Living with Integrity
Judul asli buku : If You Know Who You Are You 'll Know What to Do
Penulis/Penyusun : Ronald J. Greer
Penerbit : Penerbit ANDI
Ukuran buku : 15 x 23 cm
Tebal buku : 130 halaman
ISBN : 978 979 29 2831 0
Buku Online : --
Download : --

Ronald J. Greer adalah seorang pelayan konseling di Peachtree Road United Methodist Church Atlanta, , sudah melakukan pelayanan selama dua puluh enam tahun saat buku ini diterbitkan. Buku ini disusun berdasarkan pengalaman/kisah hidup penulis sendiri, dan kebanyakan mengambil dari kisah orang lain yang disampaikan dengan perumpamaan

Dalam buku Living with Integrity ini terdapat dua bagian utama, yaitu pada bagian pertama membahas tentang hidup yang penuh dengan integritas. Dalam bagian ini terdapat 4 bab yang berisi pengertian integritas, makna hidup berintegritas, ciri orang yang telah memiliki integritas, dan faktor yang mengakibatkan ketidakselarasan hidup. Pada bagian kedua membahas tentang integritas moral, terdiri dari 8 bab. Garis besar pada bagian ini memaparkan tentang integritas yang didasarkan nilai-nilai inti yang diajarkan agama kristen. Fokus dari pembahasan ini yaitu bagaimana sebagai orang percaya kita dapat memiliki integritas yang tidak bercacat, yang berarti memiliki tindakan yang benar sesuai yang diajarkan melalui firman-Nya, bukan melakukan hal yang benar menurut pemikiran diri pribadi. Merendahkan hati dihadirat Tuhan merupakan langkah untuk mengerti visi Tuhan yang Tuhan inginkan kita perbuat dangan kepribadian kita.

Bagian yang berkesan bagi saya ketika membaca buku ini yaitu ketika penulis menyisipkan sebuah kutipan kalimat disetiap bagian pada buku ini yaitu "Jika Anda tahu siapa Anda, Anda akan tahu apa yang harus dilakukan". Dari kutipan tersebut saya mendapatkan pelajaran bahwa pengenalan akan diri sendiri sangat penting untuk dapat melakukan tindakan yang selaras dan sejalan dengan yang dikehendaki sesuai dengan kebenaran berdasarkan moral kekristenan. Kemudian tokoh terpenting diceritakan di buku ini yaitu Yesus. Dia memiliki integritas yang baik, ketika Dia mengalami penderitaan dan disalib dan tidak melarikan diri dari kenyataan. Justru Dia menghadapi setiap pencobaan tersebut dengan konsisten dan tidak membantah, supaya keselamatan dapat dinyatakan bagi setiap orang percaya. Pada akhir halaman buku ini, terdapat pertanyaan refleksi yang bisa dijadikan bahan renungan bagi setiap kita.

Buku ini sangat baik bagi setiap pembaca yang rindu mengalami hidup yang berintegritas. Meskipun buku ini disampaikan dengan perumpamaan-perumpamaan, tetapi pesan yang ingin disampaikan penulis dapat dengan mudah tersampaikan bagi pembaca.

Peresensi: Yulius

Komentar