Laughing With God | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Laughing With God


Kategori: Resensi Buku Cetak, Humor

Judul buku : Laughing With God
Judul asli : Swan's Soup & Salad
Penulis/Penyusun : Dennis Swanberg
Penerjemah : Brati Ambarini
Editor : Ponco Sulistyo
Penerbit : PT Bhuana Ilmu Populer, Jakarta 2005
Ukuran buku : 18 x 13 cm
Tebal : 202 halaman
ISBN : 979-694-383-2
Buku Online : -
Download : -

Pernahkah Anda mengalami kejenuhan atau merasa bosan ketika membaca buku-buku rohani? Kira-kira apa penyebabnya? Dennis Swanberg menjawab pertanyaan tersebut melalui bukunya yang berjudul "Laughing with God". Swanberg menganalogikan membaca buku-buku rohani dengan makan, yang mana keduanya memerlukan adanya keseimbangan di dalam praktiknya. Sama seperti halnya makanan yang terlalu berat akan menyebabkan pencernaan kita terganggu, terlalu banyak membaca buku yang berat dan ilmiah juga dapat menyebabkan "pencernaan spiritual" kita terganggu. Terkadang, kita memerlukan sesuatu yang ringan, tetapi tetap dapat mencukupi kebutuhan rohani kita. Terkadang, kita juga memerlukan suplemen tambahan yang berupa canda tawa untuk menyegarkan pikiran dan jiwa kita. Oleh sebab itu, buku ini hadir untuk alasan tersebut.

Buku ini merupakan kumpulan kisah jenaka yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi penulis semasa hidupnya. Terdapat 26 kisah di dalam buku ini yang disusun secara kronologis dan dikelompokkan ke dalam tiga bagian sesuai dengan waktu terjadinya kisah-kisah tersebut. Ketiga bagian yang dimaksud adalah "Bertumbuh dalam Sukacita", "Menjalani Panggilan Hidup", dan "Tertawa Bersama Teman". Setiap kisah dalam buku ini diawali dengan satu gambar ilustrasi yang menarik untuk menggambarkan suasana atau latar belakang dari kejadian yang sedang diceritakan. Kemudian, setelah menceritakan pengalaman pribadinya yang penuh dengan kejadian lucu dan menggelitik, penulis menambahkan sedikit pemikiran dan perenungannya sebagai refleksi atas kejadian tersebut. Setiap kisah juga disertai dengan kutipan ayat Alkitab yang sesuai dengan konteksnya untuk menghubungkan antara kisah yang diceritakan dengan refleksinya. Besar harapan penulis agar selain dapat terhibur dengan kisah-kisahnya yang jenaka, pembaca juga dapat terhibur dengan kebenaran firman Tuhan yang menguatkan iman.

Karena merupakan buku terjemahan, pembaca bisa jadi akan sedikit mengalami kesulitan untuk memahami beberapa hal atau konsep yang sangat erat hubungannya dengan konteks budaya asal penulis. Meskipun begitu, buku ini telah diterjemahkan dengan gaya bahasa yang sangat sederhana sehingga pembaca akan sangat terbantu dalam memahami hal-hal tersebut. Yang terakhir, buku ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari sesuatu yang ringan untuk menyegarkan kembali "indera pengecap spiritual" Anda. Selain itu, buku ini juga cocok bagi Anda yang ingin mencukupi kebutuhan rohani Anda dengan cara yang menyenangkan. Kiranya kerinduan penulis untuk menggunakan buku ini sebagai jembatan untuk menyampaikan pesan kasih dan harapan Tuhan dapat terealisasi di dalam hidup Anda.

Peresensi: Odysius

Komentar