Empat Belas Cara untuk Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Seumur Hidup | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Empat Belas Cara untuk Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Seumur Hidup


Kategori: Kiat-kiat

Setelah "menurunkan berat badan", "berhenti menunda-nunda", dan "jatuh cinta", "baca lebih banyak" adalah salah satu tujuan atau cita-cita yang dicanangkan orang-orang bagi diri mereka. Dan, memang benar: Sebuah buku yang bagus dapat benar-benar memuaskan, dapat mengajarkan Anda tentang hal-hal yang di luar cakrawala harian Anda, dan dapat membuat karakter-karakternya terlihat begitu nyata sehingga Anda merasa seakan-akan Anda benar-benar mengenal mereka.

Jika membaca adalah sebuah kebiasaan yang ingin Anda miliki, ada beberapa cara untuk menumbuhkannya.

Pertama-tama, sadarilah bahwa membaca adalah kegiatan yang sangat menyenangkan jika Anda memiliki buku yang bagus. Jika Anda memiliki buku yang jelek (atau yang sangat sulit) dan Anda memaksa diri Anda untuk membacanya, itu hanya akan terlihat seperti pekerjaan. Jika hal tersebut terjadi selama beberapa hari berturut-turut, pertimbangkanlah untuk meletakkan buku itu dan mencari buku lain yang benar-benar akan Anda sukai.

Selain itu, cobalah tip-tip berikut ini untuk menumbuhkan kebiasaan membaca seumur hidup:

1. Aturlah waktu Anda.
Anda sebaiknya memiliki beberapa waktu tertentu setiap harinya untuk membaca setidaknya 5 -- 10 menit. Waktu-waktu ini adalah waktu di mana Anda akan membaca tidak peduli apa pun yang akan terjadi -- pemicu yang terjadi setiap hari. Contohnya, jadikanlah sebuah kebiasaan untuk membaca saat waktu sarapan dan makan siang (bahkan makan malam jika Anda makan sendirian). Apabila Anda juga membaca setiap kali Anda duduk di toilet dan ketika Anda akan pergi tidur, Anda sudah memiliki empat waktu dalam sehari untuk membaca masing-masing 10 menit atau 40 menit dalam sehari. Itu adalah awal yang baik, dan dengan sendirinya hal itu akan menjadi kebiasaan membaca harian yang baik. Akan tetapi, masih ada banyak yang dapat Anda lakukan.

2. Bawalah selalu sebuah buku.
Ke mana pun Anda pergi, bawalah buku itu bersama dengan Anda. Ketika saya meninggalkan rumah, saya selalu memastikan untuk membawa surat izin mengemudi, kunci-kunci, dan buku saya, setidaknya. Buku itu tetap bersama dengan saya di mobil, dan saya membawanya ke kantor dan ke pertemuan dengan klien, dan hampir ke mana pun saya pergi, kecuali saya tahu pasti bahwa saya tidak akan membaca (seperti di bioskop). Jika ada waktu di mana Anda harus menunggu (seperti ketika Anda pergi ke dokter atau di bengkel), keluarkanlah buku Anda untuk membacanya. Itu adalah cara yang bagus untuk menghabiskan waktu menunggu.

3. Buatlah sebuah daftar.
Simpan sebuah daftar untuk semua buku hebat yang ingin Anda baca. Anda bisa menyimpannya di dalam jurnal, di dalam buku catatan saku, di halaman situs pribadi Anda, di halaman wiki personal Anda, di mana pun. Pastikan untuk menambahkan ke dalamnya ketika Anda mendengar tentang sebuah buku yang bagus, baik online maupun secara langsung. Pertahankan agar daftar itu tetap berjalan dan coret buku-buku yang sudah Anda baca. Trik berteknologi: buatlah sebuah akun Gmail untuk daftar buku Anda, dan kirimkan alamat emailnya setiap kali Anda mendengar tentang sebuah buku yang bagus. Dengan begini, kotak masuk Anda akan menjadi daftar baca Anda. Ketika Anda telah selesai membaca satu buku, pindahkan daftar itu ke folder "Selesai". Jika Anda mau, Anda bahkan bisa membalas pesan tersebut (ke alamat email yang sama) dengan catatan-catatan tentang buku tersebut, maka pesan tersebut akan ada di dalam urutan percakapan yang sama sehingga dengan begitu akun Gmail Anda akan menjadi catatan membaca Anda juga.

4. Carilah tempat yang tenang.
Carilah suatu tempat di rumah Anda di mana Anda bisa duduk di kursi yang nyaman (jangan berbaring kecuali Anda akan pergi tidur) dan bergelutlah dengan sebuah buku yang bagus tanpa gangguan. Sebisa mungkin jangan ada televisi atau komputer di dekat kursi tersebut untuk meminimalisir pengalih perhatian, dan tidak ada musik atau anggota keluarga/teman kamar yang berisik. Jika Anda tidak memiliki tempat semacam ini, buatlah satu.

5. Kurangi televisi/Internet.
Jika Anda benar-benar ingin lebih banyak membaca, cobalah untuk memangkas waktu penggunaan TV atau Internet. Hal ini mungkin sulit bagi sebagian orang. Meski begitu, setiap menit yang Anda kurangi dari penggunaan Internet/TV, bisa Anda gunakan untuk membaca. Hal ini bisa membuat berjam-jam untuk membaca buku.

6. Membaca untuk anak Anda.
Jika Anda memiliki anak-anak, Anda harus dan harus membaca bagi mereka. Menumbuhkan kebiasaan membaca kepada anak-anak Anda adalah cara yang terbaik untuk memastikan mereka akan menjadi pembaca ketika mereka bertumbuh, dan itu akan membantu mereka menjadi sukses dalam kehidupan mereka juga. Carilah beberapa buku anak-anak yang bagus, dan bacakan untuk mereka. Pada saat bersamaan, Anda sedang mengembangkan kebiasaan membaca bagi diri Anda sendiri, dan juga menghabiskan waktu berkualitas bersama dengan anak Anda.

7. Buatlah catatan.
Hampir sama dengan daftar baca, catatan ini sebaiknya tidak hanya berisi tentang judul dan pengarang dari buku-buku yang Anda baca, tetapi juga sedapat mungkin tanggal Anda membaca dan menyelesaikan buku-buku tersebut. Lebih baik lagi, taruh sebuah catatan lain di samping setiap catatan itu yang berisi pendapat Anda tentang buku tersebut. Adalah hal yang sangat memuaskan ketika Anda kembali melihat catatan tersebut setelah dua bulan untuk mengetahui buku-buku bagus apa saja yang telah Anda baca.

8. Pergilah ke toko buku loak/bekas.
Tempat favorit saya untuk bepergian adalah ke toko buku bekas di mana saya menaruh semua buku tua saya (biasanya saya membawa dua kardus berisi buku-buku bekas) dan mendapatkan diskon untuk buku-buku bekas yang saya temukan di toko tersebut. Biasanya, saya hanya menghabiskan dua dollar untuk selusin buku atau lebih, sehingga meskipun saya banyak membaca, buku-buku bukanlah yang menjadi pengeluaran utama saya. Dan, sangat menyenangkan untuk mencari-cari di antara buku-buku baru yang disumbangkan oleh orang-orang. Jadikanlah kunjungan Anda ke toko buku bekas sebagai kegiatan yang rutin.

9. Milikilah hari perpustakaan.
Yang bahkan lebih murah daripada toko buku bekas tentu saja adalah perpustakaan. Jadikanlah hal itu sebagai kunjungan mingguan.

10. Bacalah buku-buku yang menyenangkan dan menarik.
Carilah buku-buku yang benar-benar menahan Anda dan membuat Anda terus membacanya. Bahkan, jika buku-buku tersebut bukanlah karya sastra, buku-buku tersebut membuat Anda ingin terus membaca dan itulah tujuannya. Setelah Anda berhasil menumbuhkan kebiasaan membaca, Anda bisa beralih menuju hal-hal yang lebih sulit, tetapi untuk sekarang ini, carilah hal-hal yang menyenangkan dan menarik terlebih dahulu. Stephen King, John Grisham, Tom Clancy, Robert Ludlum, Nora Roberts, Sue Grafton, Dan Brown. Semua penulis populer itu populer karena alasan tertentu -- mereka menceritakan kisah yang bagus. Hal-hal lain yang mungkin Anda sukai seperti: Vonnegut, William Gibson, Douglas Adams, Nick Hornby, Trevanian, Ann Patchett, Terry Pratchett, Terry McMillan, F. Scott Fitzgerald. Semuanya adalah pendongeng yang hebat.

11. Jadikanlah kegiatan itu menyenangkan.
Buatlah waktu membaca Anda menjadi waktu favorit Anda sehari-hari. Minumlah teh atau kopi yang nikmat sembari Anda membaca, atau hal-hal nikmat yang lainnya. Duduklah di sebuah kursi dengan selimut yang nyaman. Membacalah saat matahari terbit atau terbenam, atau di pantai.

12. Buatlah sebuah blog.
Salah satu cara terbaik untuk membentuk sebuah kebiasaan adalah dengan memasukkannya ke dalam blog Anda. Jika Anda tidak memiliki blog, buatlah satu. Itu gratis. Sarankan keluarga Anda untuk mengunjunginya dan memberikan Anda saran untuk buku dan mengomentari buku-buku yang sedang Anda baca. Hal itu membuat Anda tetap bertanggung jawab dengan tujuan-tujuan Anda.

13. Tetapkan tujuan yang tinggi.
Beritahukan kepada diri Anda sendiri bahwa Anda ingin membaca 50 buku tahun ini (atau jumlah lain seperti itu). Kemudian, tetapkan tentang mencoba untuk mencapai tujuan tersebut. Akan tetapi, pastikan bahwa Anda masih menikmati pembacaan itu dan jangan menjadikannya sebuah tugas/pekerjaan yang dipaksakan.

14. Milikilah jam membaca atau hari membaca.
Jika Anda mematikan TV atau Internet pada malam hari, Anda bisa memiliki waktu yang tetap (barangkali setelah makan malam) di mana Anda dan mungkin seluruh anggota keluarga Anda membaca setiap malamnya. Atau, Anda bisa menerapkan hari membaca, di mana Anda (dan lagi, anggota keluarga Anda yang lain jika Anda bisa membujuk mereka untuk bergabung dengan Anda) membaca untuk satu hari penuh. Itu adalah hal yang sangat menyenangkan. (t/Odysius)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Lifehack
Alamat URL : http://www.lifehack.org/articles/lifestyle/
Judul asli artikel : 14 Ways to Cultivate a Lifetime Reading Habit
Penulis artikel : Leo Babauta
Tanggal akses : 18 Agustus 2014

Komentar